Tuesday, June 21, 2011

Cara membuat website gratis

Sponsored Links Apakah itu website?? Anda pasti sudah tahu, website adalah halaman informasi yang disediakan dijaringan internet. Dulu, website diciptakan dan digunakan oleh para ilmuan dan penulis sebagai media informasi
yang disampaikan atau dipublish untuk diperkenalkan. Namun sekarang website tidak hanya digunakan oleh para ilmuan saja, badan, oraganisasi, perusahaan, pemerintahan hingga secara pribadi mulai menggunakan website sebagai media informasi yang sangat baik. Jadi, jangan heran bila website sekarang semakin canggih dan menarik. Tidak hanya itu, website sekarang banyak digunakan tidak hanya sebagai media bacaan saja, tetapi dengan banyak fungsi seperti transaksi online dll.

Mungkin anda berpikir memiliki sebuah website harus memiliki skill dalam pemrograman sehingga website itu sendiri berasa sangat mahal harga jualnya. Saya tidak menyalahkan anggapan diatas. Memang begitu kenyataannya. Tapi sekarang zaman sudah canggih, sekarang sudah banyak penyedia webhosting, domain maupun pengembang CMS menyediakan secara gratis kepada pengguna internet. Hmm.. menurut saya ini termasuk upaya penanggulangan kemiskinan. Apalagi dinegara kita yang sedang berkembang, sedikit terbantu sehingga kita bisa sedikit  terbantu kreatif dalam teknologi. Seperti saya yang suka gratisan (gak pake munafik loh... :d ) hehe..

Baik langsung saja.. Apa saja yang diperlukan dalam pembuatan website??? Kata pak Anto, dosen saya, ada 3 besar yang harus kita miliki, selain dari itu sebagai pelengkap saja... :)

  1. Webhosting : yaitu sebagai media tempat penyimpanan data-data, atau berkas website kita nantinya. Ini ada yang berbayar ada juga yang gratis. Yang gratis contohnya : 000webhost.com, yang akan kita gunakan sebagai pembelajaran nanti.
  2. Domain : yaitu alamat dari website kita nantinya.. Buat apa  punya rumah kalau anda tidak tau alamat menuju kerumah anda sendiri.. betul??? Contoh domain gratis : Co.cc
  3. Konten website yang telah jadi. Ini terserah, bagi yang memiliki skill dalam membuat web, bisa menggunakan pemrograman PHP atau html biasa bila hanya sekedar mempublish sesuatu. Namun yang tidak mengerti pemrograman tak usah panik, karena telah banyak CMS (Content Manager System) yang disediakan secara gratis. Contohnya, Joomla, Mambo, Drupal, PHP BB, wordpress dll. Namun disini saya menggunakan wordpress karna menurut saya lebih sederhana dimengerti buat pemula.
Nah sekarang kita masuk ke dalam proses pembuatannya, untuk membuat website gratis anda harus membuat terlebih dahulu mencari domain gratis dan hosting gratis. Kemudian anda menghubungkan hosting dan domain gratis agar tercipta website gratis buat anda.. Jika hosting dan domain gratis anda sudah terhubung, maka itu berarti website gratis anda sudah jadi.

Langkah-langkah menghubungkan hosting dan domain-gratis untuk website gratis adalah sebagai berikut:

1. Buka kembali website http://co.cc (alamat penyedia domain gratis)
2. ketik dan masukkan nama domain pilihan anda. contohnya : www.namadomainanda.co.cc

3. Lakukan Log In dengan cara mengklik Sign in disini.


4. Pada form login, isi alamat email dan kata sandi serta kode verifikasi captcha. Klik tombol Sign In.


5. Sekarang anda masuk ke halaman Manage Domain, klik setup pada kolom Service Type.


6. Klik tulisan Please domain setup now.


7. Setelah anda mengklik tombol Setup, maka tampil halaman yang menyatakan Your change has been submitted. Sebagai tanda bahwa name server telah diganti ketempat hosting yang anda di 000webhost.Lalu klik Ok.


8. Setelah menghubungkan hosting dan domain-gratis. Tunggu beberapa menit (+/- 30 menit) hingga semua pengaturan dapat bekerja.

9. Buka browser Firefox dan ketik http://www.namadomainanda.co.cc

10. Bilamana keluar halaman konfirmasi Your Website is up and running seperti di bawah ini maka website anda siap digunakan. Namun website ini masih kosong, jadi anda harus meng-upload konten website, dengan program CMS, contohnya Wordpress


11. Bilamana halaman konfirmasi Your website is up and running belum tampil maka silahkan masuk ke http://www.000webhost.com. Lalu klik Member Area.



12. Lalu masukkan email anda dan password anda dan kode verifikasi. Lalu klik Submit.


13. Kemudian pada kolom Action, klik Go to Cpanel.


14. Tampil halaman CPanel, lalu klik website anda (www.namadomainanda.co.cc) pada box Account Information.


15. Bilamana keluar halaman konfirmasi Your Website is up and running seperti di bawah ini maka website anda siap digunakan.


Nah, akhirnya selesai langkah kita membuat website gratis. Namun website ini masih kosong, jadi anda harus meng-upload isinya dengan program WordPress dari WordPress.org atau program Joomla!.  Lihat Cara Install WordPress Pada Hosting Gratis dan Cara Install Joomla! Pada Hosting Gratis. Atau mungkin dilain waktu saya akan memberikan langkah penginstalan Wordpress ke webhosting.

Ingat..!! Gunakan webhosting maupun domain gratis sebagai media pembelajaran buat anda, jangan mencoba menggunakannya untuk keperluan penting. Karna itu gratis, anda harus berhati-hati karna keamanan data tidak ada yang menjamin 100%. Bisa saja data-data website anda dibobol orang lain, maupun hilang atau dihapus dengan sendirinya karena alasan tertentu dari server.

Sekian dari saya, selamat mencoba.. :)
Bagikan ya. Plisss... Facebook Twitter Google+

Cara membuat website gratis

Posted by Admin, Published at 10:11 PM. Dari blog Klik Saja Yang Kau Mau - Tuesday, June 21, 2011. 9.52014

Comments Facebook :

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Belajar Web / teknologi dengan judul Cara membuat website gratis. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://kliksajayangkaumau.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-website-gratis.html. Terima kasih!